skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Apakah Penyakit Tipes Menular

Apakah Penyakit Tipes Menular

Penyakit tipes disebabkan oleh bakteri salmonella. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang tidak higienis. Jenis Salmonella yang menyebabkan serangan tipes adalah salmonella typhi, salmonella typi A dan salmonella para typhi B.

Ketiga jenis bakteri ini sama, hanya daya tahan terhadap obat (antigen) dan keganasan penularan yang membedakan. Bakteri ini bergerak dengan rambut getar, tidak berspora dan memiliki 3 macam antigen (antigen O, antigen H dan antigen VI). Bakteri akan berkembang biak secara optimal pada suhu tubuh (37 C) dan pH 6-8.

Penyakit typus atau tifus adalah infeksi akut usus halus yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh manusia dan menimbulkan radang pada usus halus, kemudian menyebar ke bagian tubuh lain seperti limpa, jaringan limfoid, hati, dan bagian tubuh lainnya.

Gejala awal yang muncul antara lain demam selama seminggu pada sore dan malam hari, sakit kepala, kurang selera makan, rasa tidak enak di perut, sulit buang air besar atau diare. Jika kita ingin mengetahui apakah penyakit typus menular, kita bisa menelusuri pola penyebaran bakteri Salmonella typhosa.

Salmonella typhosa adalah bakteri yang hidup normal dalam pencernaan hewan ternak, unggas dan reptil. Bakteri ini akan menyebar melalui kotoran hewan dan air seni, telur, serta daging yang dimasak kurang matang.

Bakteri ini juga dapat dibawa oleh lalat dan menyebar melalui makanan dan minuman, tinja, dan air seni. Selain itu salmonella typhosa juga disebarkan melalui hewan peliharaan, seperti anjing, kucing dan kura-kura.

Penularan penyakit typus juga terjadi melalui manusia yang berperan sebagai pembawa kuman (carrier), tanpa ia sendiri menderita sakit typus. Apabila kita mengonsumsi makanan dan minuman yang tercemar salmonella typhosa, bakteri ini akan masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit typus.

Penularan penyakit typus dapat dicegah dengan beberapa cara. Mulailah dengan meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Tingkatkan kebiasaan hidup bersih dengan mencuci tangan sebelum makan. Bersihkan lingkungan secara teratur, memasak dan menyimpan makanan secara higienis, dan upayakan untuk mengurangi populasi lalat.

Apabila ada anggota keluarga yang terkena penyakit typus, penderita harus diisolasi. Sterilkan pakaian dan peralatan makan yang digunakan penderita dengan antiseptik untuk menghilangkan kuman.

Bila memungkinkan, lakukan desinfeksi pada faeces dan urine penderita untuk mencegah penularan. Setelah Anda mengetahui apakah penyakit typus menular, maka Anda dapat melakukan langkah-langkah untuk mencegah penularannya.

Memang bukan cerita bohong kalau tipes bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi cacing tanah. Dan bukan hal yang sulit untuk menemukan cacing tanah ini. Mungkin selama ini Anda akan merasa jijik melihat cacing tanah atau bahkan sampai untuk mengkonsumsinya.

Tapi tunggu jangan beranjak dulu! Pengobatan penyakit tipes menggunakan cacing tanah memang sangat ampuh. Hal ini sudah terbukti secara klinik serta sudah dilakukan berbagai macam penelitian medis. Cacing tanah selain bisa untuk mengobati penyakit tipes dan juga sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit gangguan kemih, demam, cacar, dan masih banyak lagi.

Lalu bagaimana caranya mengolah cacing tanah sehingga bisa dijadikan obat tipes? Caranya sangat mudah, Anda tinggal mencari cacing tanah dan biasanya mudah ditemukan di kebun. Ambil cacing tanah dan bersihkan dengan air dan Anda buang isi perut cacing tanah.

Kemudian cara memasaknya ada dua macam, pertama dengan dengan cara merebus cacing tanah selama sekitar 10 menit. Setelah suhu air rebusan turun silakan Anda langsung makan cacing tanah tersebut.

Sebaiknya jangan menunggu rebusan cacing tanah sampai dingin, karena nanti akan terasa lengket. Cara kedua yaitu dengan cara memanggang cacing tanah tanpa menggunakan minyak. Setelah itu Anda campurkan kedalam air putih dan Anda konsumsi. Untuk hasil yang maksimal, silakan Anda konsumsi cacing tanah sebanyak tiga kali dalam sehari.