skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Bahaya! Penyakit Tifus Menyerang Organ Ini!

Bahaya! Penyakit Tifus Menyerang Organ Ini!

Penyakit typhoid atau yang sering dikenal dengan penyakit typus ini merupakan penyakit yang berbahaya. Jika orang yang terkena penyakit ini tidak segera ditangani, nyawa orang tersebut akan terancam.

Penyakit berbahaya ini disebabkan oleh penyebaran bakteri Salmonella typhi yang mengkontaminasi makanan dan minuman. Makanan dan minuman yang terkontaminasi dengan bakteri tersbut jika dikonsumsi akan menyebabkan penyakit deman typus ini.

Negara yang berlokasi di Asia, Afrika, serta Amerika Latin ini memiliki peluang yang lebih besar terjangkit penyakit tipus ini dari pada negara Amerika Serikat. Hal itu diutarakan oleh Medline Plus baru-baru ini. Jika penyakit ini tidak ditangani dan diobati, orang yang menderita penyakit ini akan mendapatkan efek-efek jangka panjang yang berbahaya.

Nah, mari kita cari tahu efek berbahaya jangka panjang apa saja yang ditimbulkan oleh penyakit demam tipus ini?

Efek Pendarahan Gastrointestinal

Efek ini merupakan efek yang berbahaya untuk penderita penyakit tipus ini. Pendarahan gastrointestinal ini merupakan efek penyakit tipus yang tidak perlu untuk diobati. Namun, penderita demam tipus ini harus berusaha menjaga pola makan dan jenis-jenis makanan apa saja yang dapat ia konsumsi.

Gejala efek pendarahan gastrointestinal ini antara lain penderita akan mengalami sakit perut yang parah, mudah pusing, dan mudah muntah. Contohnya penderita akan memuntahkan bubuk kopi yang ia konsumsi karena organ-organ perut tidak dapat mengolahnya.

Selain itu, gejala yang sering ditimbulkan oleh efek ini adalah menghitamnya tinja penderita (black stool, tarry stool). Dengan pendarahan yang tak kunjung usai tersebut, penderita demam tipus ini akan kehilangan banyak zat besi. Sehingga penderita akan mudah lelah karena kurangnya pasokan darah yang dapat menyebabkan penyakit kurang darah atau anemia.

Efek pendarahan ini harus ditangani dokter dengan cepat. Apabila tidak pendarahan massif akan menyebabkan penderita mengalami shock hingga kematian.

Infeksi Pada Organ Tubuh

Penyakit tipus yang berkepanjangan dapat menyebabkan infeksi-infeksi yang meneyerang organ dalam tubuh manusia. Penyakit ini dapat menyebabkan peradangan pada otot organ tubuh manusia seperti otot jantung, otak, dan yang lainnya. Jika peradangan pada jantung tidak segera diatasi, kesehatan penderita akan semakin buruk sehingga dapat menyebabkan kematian.

Selain itu, efek yang dapat ditimbulkan dari infeksi ini dapat menyerang selaput dan cairan yang berada di sekeliling otak dan juga sumsum tulang belakang. Dengan masalah seperti itu, sistem saraf penderita penyakit tipus ini akan terganggu. Penyakit yang menyerang sistem saraf ini sering disebut dengan meningitis.

Peradangan atau infeksi akibat penyakit tipus ini dapat menyerang ginjal dan juga kandung kemih yang dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal.

Masalah Usus Berlubang

Masalah yang sering ditimbulkan dari penyakit tipus yang berkepanjangan ini adalah usus berlubang. Masalah berbahaya ini dapat muncul setelah tiga minggu jika penyakit tipus ini tidak segera ditangani dan diobati.

Penyakit yang membuat masalah kebocoran pada usus ini menimbulkan gejala nyeri perut, mual dan muntah, dan infeksi usus yang menyebabkan pendarahan. Dengan adanya efek ini, Anda harus segera melakukan operasi guna membenahi masalah kebocoran usus tersebut.

Masalah Kejiwaan Penderita Tipus

Penyakit ini dapat menyebabkan masalah kejiwaan. Penderita akan mengalami masalah kejiwaan permanen yang meliputi halusinasi, delirium, dan paranoia dalam waktu yang cukup lama.