skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pantangan Untuk Penyakit Tifus Yang Harus Kamu Tau!

Pantangan Untuk Penyakit Tifus Yang Harus Kamu Tau!

Tipes atau Thypus adalah penyakit infeksi bakteri pada usus halus atau bisa juga ditemukan pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman Salmonella Typhi atau Salmonella Paratyphi. Saat anak kita mangalami sakit Tipes tentu ini memerlukan perhatian, ketelatenan dan kesabaran yang tinggi bagi kita sebagai orangtua dalam melakukan perawatan.

Hal ini dikarenakan penyakit Tipes membutuhkan waktu yang relatif lama untuk bisa sembuh total. Belum lagi pantangan-pantangan yang harus dilakukan agar penyakit ini tidak menjadi lebih parah.

Seperti yang kami jelaskan diawal, Tipes menyerang saluran pencernaan bagian dalam (usus halus) karena itu mau tidak mau makanan untuk penderita tipes harus dijaga. Bukan hanya makanan yang boleh (dianjurkan) dan tidak boleh (pantangan) dimakan, pola makan pun juga harus teratur.

Apabila anak kita dirawat dirumah sakit, kita sebagai orangtua juga tetap harus perhatikan menu makanan yang disiapkan dari pihak rumah sakit, karena tidak semua rumah sakit mempunyai ahli gizi yang melaksanakan rekomendasi Dokter yang merawat, jadi kita harus selektif memilih makanan yang boleh dikonsumsi anak kita.

Demikian juga saat anak sudah diijinkan untuk rawat jalan biasanya para orangtua menganggap anak sudah sembuh dan boleh makan semua makanan. Berikut beberapa makanan pantangan untuk penderita tifus:

  1. Minuman berkafein Soda dan Alkohol

Di dalam perut minuman berkafein seperti kopi bisa memicu naiknya tingkat keasaman lambung. Sudah bisa dipastikan usus yang luka karena infeksi bakteri penyebab Tipes diberi asam maka sudah pasti lapisan-lapisan mukosa pada usus bisa terkikis dan akhirnya terjadi pendarahan.

Tidak hanya itu saja, minuman bersoda (Softdrink) maupun minuman beralkohol juga akan menimbulkan efek yang sama seperti kopi, bahkan bisa lebih parah dari itu. Untuk itu sebaiknya minuman-minuman ini harus dihindari dan menjadi pantangan minimal selama pasien belum benar-benar sembuh secara total.

  1. Makanan berlemak

Seperti yang kita ketahui, makanan berlemak temasuk makanan bersantan membutuhkan proses yang lama untuk dicerna. Hal ini karena ikatan kimia pada lemak lebih kompleks dan juga karena pencernaan lemak terjadi hingga di dalam usus, bukan di lambung saja seperti layaknya karbohidrat.

Dengan kata lain, pasien Tipes dengan mengkonsumsi makanan berlemak maka ususnya yang justru sedang “bermasalah” akan dipaksa untuk “bekerja”. Bukan hal mustahil, ini juga bisa menyebabkan peradangan usus yang lebih parah hingga pendarahan usus dan membuat proses penyembuhan juga akan semakin lama.

  1. Makanan instan (kemasan)

Makanan instan sekarang ini banyak sekali beredar di pasaran, seperti mie instan, makanan kaleng, bumbu instan dan lain sebagainya. Makanan-makanan tersebut sebaiknya dihindari karena banyak mengandung pengawet, bahan pewarna ataupun senyawa kimia lainnya. Ini juga akan memperburuk sistem pencernaan bagi pasien Tipes.

Memang tidak bisa dipungkiri saat kita sakit mulut akan terasa pahit dan sebagai ganti dari makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari banyak orang mengkonsumsi mie instan saat dia sakit, tentu saja hal ini harus dihindari agar tidak memperburuk proses kesebuhan pasien.

  1. Makanan Berserat tinggi

Seperti telah kami sebutkan diatas, Sebaiknya penderita Tipes mengkonsumsi makanan rendah serat. Dalam kondisi normal, makanan berserat tinggi memang sangat dibutuhkan tubuh, akan tetapi sayuran berserat tinggi seperti sawi, daun singkong, kangkung dan bayam merupakan salah satu pantangan saat mengalami sakit Tipes.

Selain itu, apabila terjadi perforasi usus (suatu kondisi medis yang ditandai dengan terbentuknya suatu lubang pada dinding lambung, usus halus atau usus besar, yang menyebabkan kebocoran), atau mengalami sepsis (suatu kondisi medis serius di mana terjadi peradangan di seluruh tubuh yang disebabkan oleh infeksi) maka sayuran kaya serat ini benar-benar mutlak harus dijauhi.