skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penjelasan Tentang Penyakit Tipes Tipe H!

Penjelasan Tentang Penyakit Tipes Tipe H!

Ada banyak sekali penyakit yang bisa menyerang kekebalan tubuh kita disaat musim penghujan, salah satunya yang cukup berbahaya adalah penyakit tipes yang mulai menyerang karena pertumbuhan dan perkembangan bakteri menjadi beberapa kali lipat lebih cepat saat musim penghujan, jadi tidak heran jika banyak orang yang harus bed rest karena penyakit tipes pasca musim hujan.

Penyakit tipes sayangnya cenderung lambat untuk didiagnosis, padahal yang menderita penyakit ini tidak sedikit, mengapa hal ini bisa terjadi? karena gejala tipes sangat mirip dengan penyakit lainnya sehingga banyak penderita yang tidak menyadari jika dirinya menderita penyakit tipes sebelum penyakit menjadi lebih parah dan inilah beberapa gejala dari penyakit tipes yang wajib Anda ketahui:

  1. Sakit perut, muntah dan mual-mual

Gejala penyakit tipes pertama yang biasanya akan timbul disaat seseorang menderita penyakit tipes adalah sakit perut, muntah dan mual-mual, dimana ketiganya merupakan gejala dari banyak penyakit sehingga sulit sekali bagi orang awam untuk mengaitkan gejala ini dengan penyakit tipes.

Mereka yang menderita penyakit tipes akan mengalami nyeri pada perut di bagian kiri dimana tempat usus 12 jari yang telah terinfeksi berada. Berbeda dengan penyakit maag yang rasa nyerinya terasa di perut atas maupun ulu hati.

  1. Perubahan pola BAB

Gejala penyakit tipes kedua adalah perubahan pada pola BAB. Anda tentunya mengenal dengan baik pola BAB Anda bukan, setiap harinya berapa kali harus kebelakang untuk buang air besar. Mereka yang menderita penyakit tipes akan mengalami perubahan pada pola BAB, seperti mengalami diare atau bahkan tidak buang air besar sama sekali.

Dan bila Anda merasakan adanya keganjalan seputar kebiasaan pola BAB ini tidak ada salahnya dan jangan malu untuk pergi ke dokter dan berkonsultasi.

  1. Demam dan badan menjadi panas

Gejala penyakit tipes ketiga yaitu demam yang juga disertai dengan sakit kepala, lemah dan lemas. Demam mungkin hal yang normal terjadi, apalagi ini musim hujan jadi terkena air hujan sebentar, badan sudah meriang, demam dan pusing.

Namun demam yang membuat suhu tubuh Anda naik hingga mencapai 40 derajat Celcius yang juga disertai dengan sakit kepala serta lelah dan lemas merupakan gejala dari penyakit tipes yang sebaiknya Anda perhatikan.

  1. Denyut nadi melambat

Pada umumnya, seseorang yang panas akan memiliki denyut jantung yang tinggi, naik hingga 10% tiap kali kenaikan suhu tubuh berlangsung sebesar 1 derajat C, namun berbeda halnya pada penderita penyakit tipes, yang justru denyut nadinya melambat, padahal tubuhnya sedang demam, hal ini dipicu oleh racun yang berasal dari kuman tifes.

  1. Lidah berwarna putih

Gejala penyakit tipes terakhir adalah lidah yang berubah warna menjadi putih, pada penderita penyakit tipes, lidah bagian tengah mereka akan berwarna putih sedangkan bagian pinggirannya akan berwarna merah dan bila diminta untuk menjulurkan lidah, lidahnya akan mulai bergetar atau gemetar (tremor).

Komplikasi Tipes

Penyakit tipes yang tidak diobati bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi yang sangat berbahaya. Bahkan pada kondisi yang lanjut bisa menyebabkan kematian. Infeksi bakteri pada bagian usus bisa menyebar ke organ lain sehingga sulit untuk diobati dengan cepat. Berikut ini adalah beberapa komplikasi tipes yang bisa terjadi.

  1. Pendarahan Usus

Komplikasi yang paling banyak ditemukan adalah perforasi atau lubang pada bagian usus. Komplikasi biasanya terjadi pada tahap tipes masuk minggu ke tiga. Gejala yang bisa ditemukan jika sudah terjadi perforasi adalah seperti tekanan darah yang terus mengalami penurunan dan pendarahan pada tinja. Selain itu penderita juga akan merasa mual, muntah dan pendarahan.

  1. Miokarditis

Kondisi ini menyebabkan munculnya peradangan pada bagian otot jantung sehingga penderita merasa sulit untuk bernafas, nyeri yang berlebihan pada dada. Pada tahap ini perawatan harus dilakukan secara intensif dan perawatan juga dilakukan untuk infeksi jantung.

  1. Komplikasi lain yang sangat jarang ditemukan adalah termasuk radang paru-paru, infeksi pada ginjal, radang selaput otak dan gangguan halusinasi.

Cara Mencegah Tipes

Tipes menjadi panyakit yang sangat umum, namun penyakit ini bisa dicegah dengan berbagai macam langkah. Berikut ini adalah cara yang paling efektif untuk mencegah tipes.

  • Biasakan mengkonsumsi makanan yang sehat dan diolah dari bahan –bahan yang sehat.
  • Perhatikan kondisi air minum dan makanan untuk kehidupan sehari-hari.
  • Jika Anda memiliki aktivitas pekerjaan yang sangat sibuk maka seimbangkan dengan kebutuhan nutrisi sehingga tubuh menjadi lebih sehat.
  • Hindari konsumsi sayur dan buah-buahan yang tidak dicuci.
  • Hindari makanan yang sudah disimpan lama di mesin pendingin maupun di ruang terbuka.
  • Perhatikan makanan agar tidak terkena lalat atau potensi kotoran yang lain.
  • Selalu perhatikan gaya hidup yang bersih seperti mencuci buah sebelum dimakan, mencuci tangan sesering mungkin dan hindari konsumsi makanan yang tidak sehat.

Tips Pemulihan untuk Tipes

Penderita yang sudah mendapatkan perawatan biasanya tidak mendapatkan kesehatan seperti semula dalam waktu yang ceppat. Untuk mengatasi hal ini maka bisa dilakukan perawatan rumahan untuk mempercepat proses pemulihan. Berikut ini adalah perawatan untuk pemulihan tipes.

  1. Konsumsi air dalam jumlah yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Air juga membantu tubuh agar kembali mendapatkan stamina dan lebih cepat sehat seperti semula.
  2. Hindari konsumsi makanan yang mengandung cabai, bahan tambahan dan berbagai makanan dari santan. Makanan ini bisa membuat kondisi usus yang terkena tipes menjadi lebih buruk.
  3. Konsumsi bubur yang dicampur dengan sayuran atau lauk lain sehingga nutrisinya lebih mudah diserap oleh tubuh.
  4. Hindari minuman alkohol dan semua jenis minuman yang mengandung kafein agar tubuh lebih sehat
  5. Hindari konsumsi susu dan semua jenis produk susu karena usus masih sangat sensitif.

Ada banyak makanan untuk penderita tipes yang dapat anda gunakan untuk keseharian ketika sedang mengalami penyakit mematikan ini.