skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penting! Penyakit Tipes Boleh Makan Apa Saja?

Penting! Penyakit Tipes Boleh Makan Apa Saja?

Penyakit typhoid atau typus sudah ada sejak beratus-ratus tahun lalu. Penyakit ini dominan disebabkan oleh kurangnya perhatian masyarakat dan pasien akan kebersihan lingkungan, sehingga bakteri salmonella pun akhirnya menginfeksi sang korban dan menyebabkan berbagai gejala penyakit typus.

Ada pun penyakin typus biasanya diawali dengan gejala-gejala ringan seperti menurunnya nafsu makan, lesu, tidak enak badan, nyeri otot, batuk, dan perut kaku, lalu disambung dengan gejala yang lebih berat seperti mual-mual, diare, demam panjang, dan bahkan gangguan kesadaran.

Saat menyadari gejala-gejala di atas, makanan penderita typus hendaknya lebih diperhatikan untuk menghindari semakin parahnya masalah kesehatan yang dialami.

Berbeda dengan penyakit lainnya yang umumnya menyarankan sang pasien untuk bebas memakan aneka macam buah-buahan dan sayuran, pada kasus typhoid, tidak semua buah dan sayur diperbolehkan untuk dikonsumsi pasien.

Oleh karenanya Anda harus tahu mana makanan penderita typus yang diperbolehkan dan mana yang tidak, sehingga perawatan Anda akan maksimal. Ini juga penting bagi Anda yang akan menjenguk kerabat yang terkena typus agar tidak salah dengan membawakan makanan yang ternyata tidak baik bagi penyakit mereka.

Ada banyak jenis makanan penderita typus, untuk memudahkan dalam menentukan mana yang boleh dan tidak, makanan tersebut harus memenuhi kriteria sebagai berikut.

  1. Makanan yang Tidak Bersifat Asam dan Pedas

Selain itu, penderita tifus tidak boleh mengkonsumsi makanan yang bersifat terlalu asam dan terlalu pedas, karena bahaya makanan pedas, tidak baik bagi pencernaan. Kombinasikan beberapa bahan makanan yang dimiliki untuk membuat berbagai menu makanan yang ramah dan dapat dikonsumsi oleh penderita tifus.

  1. Makanan Tinggi Protein

Untuk memperoleh tenaga dan stamina, selain harus mendapatkan asupan karbohidrat karena para penderita tifus juga harus mendapatkan asupan protein yang cukup. Asupan protein ini diperoleh dari berbagai macam sumber protein yang ada, seperti protein hewani dan protein nabati.

Contoh:

  1. Daging ayam rebus – Daging ayam merupakan salah satu sumber protein yang tinggi. Apabila digabungkan dengan jenis makanan lain, maka dapat memenuhi kebutuhan nutrisi karbohidrat dan protein yang cukup bagi penderita tifus. Bagian dada ayam juga sering dijadikan makanan rendah kalori yang baik untuk dikonsumsi.
  2. Hati ayam – Hati ayam, selain lunak dan mudah dicerna juga memiliki kandungan protein yang tinggi dan cukup untuk memenuhi kebutuhan protein pasien penderita tifus.
  3. Ikan rebus – Ikan rebus atau ikan yang di tim akan sangat nikmat untuk dikonsumsi. Selain itu, ikan juga memiliki kandungan protein hewani yang baik untuk pemenuhan kebutuhan energi dan juga jenisikan salmon banyak dikonsumsi sebagai makanan penambah berat badan.
  4. Makanan yang Lunak.

Para penderita tifus hendak mengkonsumsi makanan dengan kadar serat yang rendah, sehingga mereka membutuhkan jenis makanan yang lunak dan mudah dicerna, namun tetap memiliki nutrisi yang tinggi bagi penderita tifus.

Contoh:

  1. Bubur – Bubur yang dimasak menggunakan kaldu ayam memiliki sumber karbohidrat dan protein yang cukup bagi penderita tifus. Selain itu, bubur juga mudah dimakan dan dicerna karena sifatnya yang lembek dan cenderung encer.
  2. Roti Bakar – Roti bakar dapat dioles dengan mentega untuk menambah kadar karbohidrat dan lemak sebagai tambahan sumber tenaga bagi pasien penderita tifus.
  3. Puding – Puding memiliki tekstur yang lembut, serta mudah dicerna. Selain itu puding juga terdiri dari beberapa bahan-bahan yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan gula pada puding, juga bisa menjadi sumber tenaga bagi pasien tifus.
  4. Makanan Rendah Serat.

Salah satu pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita tifus adalah jenis makanan yang mengandung kadar serat tinggi. Beberapa jenis sayur dan buah memiliki kadar serat yang sangat tinggi, yang ternyata tidak boleh diberikan kepada penderita tifus.

Contoh:

  1. Kacang Panjang
  2. Buncis Muda
  3. Labu Ssiam.