skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Tipes

Penyakit Tipes

Penyakit tipes adalah satu infeksi bakteri yang ditandai oleh beberapa macam penyakit seperti sakit diare, penyakit sistematik atau juga ruam yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Salmonella typhi. Penyebab sakit tipes dikerenakan bakteri Salmonella Typhi tersebut masuk ke tubuh melalui makanan – makanan atau minuman yang sudag terkontaminasi.

Jika anda makan atau minum ditempat yang sembarangan dan tidak tau kehigenisannya maka anda bisa saja terkena bakteri tersebut. Apabila bakteri tersebut sudah masuk dalam tubuh kemudian menuju ke usus dan ke aliran darah, bakteri tersebut juga akan berjalan ke limfa hati, ginjal, paru – paru dan juga bagian tubuh lainnya yang bisa membuat anda sakit tipes.

Beberapa ciri-ciri dan gejala penyakit tipes:

Biasanya ditandai demam tinggi sampai 39 derajat sampai 40 derajat celcius pada waktu malam namun pada pagi dan siang hari demam menurun dan kembali demam tinggi menjelang malam hari, demam biasanya terjadi sekitar 3 minggu.

  • Hilangnya nafsu makan sehingga badan menjadi lemas.
  • Menurunnya berat badan.
  • Tenggorokan mengalami peradangan, bibir pecah dan kering.
  • Mulut mengalami bau tak sedap
  • Otot terasa nyeri
  • Sakit kepala berat
  • Tubuh menggigil
  • Tekanan darah menurun
  • Diare namun ada beberapa kasus yang mengalami sulit BAB.
  • Perut terasa sakit akibat pembengkakan limfa dan hati.
  • Mual dan muntah-muntah.
  • Timbul bercak merah kecil di sekitar perut dan dada.
  • Terjadi gangguan kesadaran atau bahkan pingsan jika sudah mengalami kondisi yang parah.
  • Lidah terasa pahit dan pada bagian tengah berwarna putih sedangkan bagian pinggir berwarna merah.
  • Jika penyakit tipes tidak cepat ditangani dapat mengakibatkan terjadinya kebocoran di bagian usus dan ini sangat berbahaya bagi keselamatan bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Cara mengobati gejala penyakit tipes:

  1. Periksakan ke dokter sebelum penyakit tipes ini semakin parah agar bisa dilakukan pencegahan dan pengobatan dan banyak beristirahat.
  2. Obat-obatan yang biasa digunakan untuk penderita tipes diantaranya antibiotik, analgesic dan jika diperlukan akan menggunakan cairan infus.
  3. Mengkonsumsi makanan yang lunak dan mudah dicerna seperti bubur dan pantang makanan pedas ataupun asam.
  4. Pengobatan alami bisa menggunakan rebusan labu atau ceme tanpa kulit kemudian di blender, lalu minumlah secara rutin setiap hari.
  5. Pengobatan dengan rebusan cacing tanah yang sudah dibersihkan dan dibuang isinya, jika anda merasa geli atau jijik bisa membeli yang udah dikemas dalam kapsul yang bisa anda dapatkan di apotik atau toko obat cina.

Cara Penularan Penyakit Tipes

Setelah kita tahu gejala-gejala penyakit tipes seperti yang sudah dijelaskan diatas, sekarang mari kita bahas bagaimana cara penularan penyakit tipes? Atau dengan kata lain apakah penyakit tipes ini bisa menular atau bisa menyerang penderita lain yang sehat? Ok berikut penjelasannya :

  1. Sebenarnya penyakit tipes ini bisa menular kepada orang lain yang masih sehat. Maka dari itu berhatilah-hatilah jika kita sedang bersama penderita penyakit tipes. Tipes bisa menular melalui makanan atau minuman dan tentunya makanan atau minuman yang sebelumnya sudah terkontaminasi dengan bakteri tipes atau bakteri Salmonella. Selanjutnya bakteri Salmonella ini akan menyebar ke aliran darah serta usus yang pada akhirnya akan keluar melalui proses BAB;
  2. Proses penularan penyakit tipes selanjutnya adalah biasanya melalui alat-alat yang sebelumnya telah dipegang oleh penderita tipes kemudian dipegang kembali oleh mereka yang sehat. Jika memang seperti itu maka disarankan untuk mencuci tangan kita sampai bersih dan jika perlu menggunakan antiseptik;
  3. Biasanya juga penularan penyakit tipes itu melalui air yang kita minum. Tentunya air yang sudah tercampuri bakteri seperti air bekas memncuci piring, mencuci sayuran, dan sebagainya.