skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Penyakit Tipes Sembuh Berapa Hari?

Penyakit Tipes Sembuh Berapa Hari?

Penyakit tipus merupakan penyakit yang menyerang organ pencernaan manusia, terutama usus. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri bernama Salmonella typhi. Penyakit ini dapat menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh bakteri ini.

Karena itulah, mungkin tidak peduli berapa lama sakit tipes sembuh, jika Anda tidak mau terserang penyakit ini, sebaiknya Anda memperhatikan kebersihan makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Penyakit ini terbukti bisa menjadi membahayakan nyawa jika tidak segera ditangani dengan benar. Karena itu sebaknya Anda mengetahui gejala penyakit ini sebelum mengatahui cara-cara atau antsipasi pengobatan tipes.

Tipes selalu memiliki gejala awal yang terlihat seperti penyakit influenza. Terkadang penderita juga mengalami radang tenggorokan, flu, demam, sakit kepala dan demam. Kondisi awal ini memang lebih mirip seperti gejala influenza.

Namun kondisi penyakit akan lebih parah setelah lebih dari satu minggu dan gejala tipes akan terlihat jelas. Berikut ini beberapa gejala yang terjadi sesuai fase perkembangan infeksi bakteri dalam tubuh.

1. Infeksi Bakteri Minggu 1

Penderita tipes akan memiliki beberapa gejala yang sama seperti jenis penyakit biasa atau kelelahan. Kondisi ini ditandai dengan tubuh yang semakin lemah. Setelah penderita mendapatkan infeksi bakteri selama satu minggu, maka gejala yang muncul adalah:

– Gangguan pencernaan yang menyebabkan sembelit dan diare.

– Muncul batuk kering yang tidak bisa disembuhkan dengan jenis obat batuk.

– Timbul bercak merah pada kulit kaki dan tangan.

2. Infeksi Bakteri Minggu 2

Penyakit tipes akan semakin parah apabila sampai 2 minggu terkena infeksi dan tidak mendapatkan perawatan yang cukup. Penderita akan merasa lebih sakit bahkan tidak bisa melakukan aktifitas. Beberapa gejala tipes setelah 2 minggu adalah:

– Nafsu makan yang terus mengalami penurunan dan tubuh terlihat lebih kurus.

– Gangguan pencernaan yang sangat parah seperti diare dan sembelit.

– Perut bengkak dan terasa lebih keras.

3. Tipes Minggu 3

Setelah masuk ke minggu ke tiga maka penyakit tipes akan bertambah semakin parah. Biasanya penderita sudah tidak bisa melakukan aktifitas sama sekali. Tubuh penderita akan sulit untuk berjalan atau bangun dari tempat tidur. Selain itu demam tinggi yang terjadi sepanjang hari akan membuat penderita semakin parah. Biasanya pada tahap ini sudah disertai dengan beberapa gejala komplikasi penyebaran bakteri dari usus ke bagian lain.

4. Tipes Minggu 4

Tipes pada minggu ke empat justru akan membuat penderita merasa lebih baik. Pada masa ini biasanya penderita tidak akan merasa demam dan tubuh terlihat lebih bugar. Tapi pada fase ini justru ada bahaya yang mengancam. Pada minggu ke enam kondisi tubuh akan kembali seperti tipes pada minggu pertama dan komplikasi bisa menjadi lebih parah.

Tipes harus segera mendapatkan pertolongan selayaknya, karena penyakit yang satu ini sangatlah sakit sekali di bagian perut. Biasanya pasien diminta dokter untuk opname sampai benar-benar diizinkan untuk pulang, dengan surat jalan pengobatan.

Memang tipes bisa sembuh selama 2 minggu saja, namun keadaan bisa saja berulang kalau tidak mengikuti instruksi dokter. Pasien harus tetap mengonsumsi makanan yang bersih dan sehat, serta tidak merangsang infeksi di saluran pencernaan.

Bagi yang sudah pernah mengalami tipes, sebaiknya menunggu terlebih dahulu dengan sabar. Kurang lebih selama 8 minggu atau dua bulan terlebih dahulu. Jadi, selama itu, jangan mengonsumsi makanan pedas, asam, minuman bersoda dan harus cukup istirahat.