skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Tanda Tanda Penyakit Tipes Sudah Sembuh

Tanda Tanda Penyakit Tipes Sudah Sembuh

Tanda-tanda penyakit tipes akan sembuh menjadi keyword yang sering dicari orang di mesin pencari. Pasalnya penyakit tipes sendiri acapkali dialami oleh mereka yang memiliki aktivitas berlebih.

Waktu istirahat yang kurang akan membuat daya tahan tubuh mereka menurun dan berujung pada dropnya tubuh. Seringkali penderita tipes memang tidak menyadari bahwa mereka menderita penyakit tipes, karena gejala yang ditimbulkan acapkali dianggap sebagai penyakit demam biasa.

Kualitas makanan yang tidak terjaga pun menjadi penyebab seseorang terkena penyakit tipes. Penyakit ini pada dasarnya disebabkan oleh kuman bernama Typhoid Bacillus dan sering menyerang anak-anak di atas usia 2 tahun.

Tipes sendiri nantinya akan menyerang jaringan-jaringan yang terdapat di kelenjar getah bening. Walaupun penyakit tipes tidak berbahaya, penyakit tipes tetaplah harus diwaspadai. Hal ini dikarenakan dampak yang dirasakan oleh para penderita, yakni dehidrasi akut.

Mengenali tanda tanda typus (thypus abdominal atau typhoid fever atau tipes) adalah wajib karena tergolong penyakit berat dan berbahaya. Penyakit ini bisa membunuh jika terlambat diobati. Selain itu, tipus merupakan penyakit endemik di Indonesia, artinya banyak sekali penderitanya.

Diawali demam tinggi lebih dari seminggu, rasanya seperti orang mau flu. Bedanya, demam tipus umumnya muncul sore dan malam hari. Tidak disertai gejala batuk pilek. Demamnya sukar turun walau minum obat dan disertai nyeri kepala hebat. Perut terasa tidak enak, dan tidak bisa buang air beberapa hari.

Pada paratipus – jenis tipus yang lebih ringan – mungkin sesekali mengalami buang-buang air. Jika diamati, lidah tampak berselaput putih susu, bagian tepinya merah terang. Bibir kering, dan kondisi fisik tampak lemah, serta nyata tampak sakit. Jika sudah lanjut, mungkin muncul gejala kuning, sebab pada tipus organ hati bisa membengkak seperti gejala hepatitis. Pada tipus limpa juga membengkak.

Kuman tipus menular melalui makanan atau minuman yang tercemar. Bisa jadi sumbernya dari pembawa kuman tanpa ia sendiri merasa sakit tipus. Kuman bersarang di usus halus, lalu menggerogoti dinding usus. Usus luka dan sewaktu-waktu usus bisa jebol dan zat makanan membusuk di organ dalam.

Ini komplikasi tipus yang paling ditakuti. Komplikasi tipus umumnya muncul pada minggu kedua demam. Yaitu jika mendadak suhu turun dan disangka sakitnya sudah menyembuh, namun denyut nadi meninggi, perut mulas melilit, dan pasien tampak sakit berat. Kondisi begini membutuhkan pertolongan gawat darurat, sebab isi usus yang tumpah ke rongga perut harus secepatnya dibersihkan.

Untuk memastikan terkena tipus harus periksa darah. Setelah minggu pertama demam tanda positif tipus baru muncul di darah (Uji Widal).

Jika tes Widal negatif padahal pasien menunjukkan gejala tipus, tes perlu diulang sambil menunggu tes Gaal atau biakan kuman. Tanpa tes Widal diagnosis tipus tidak bisa dipastikan hanya dari pemeriksaan fisik dan melihat gejalanya semata.

Dalam menentukan apakah anda sudah sembuh dari sakit tipes atau belum tak hanya bisa di lihat dan di rasakan dari apa yang anda alami oleh tubuh.

Karena bisa saja sakit tipes yang di alami bisa di terima kembali. Salah satu yang menyebkan penyakit tipes kembali meskipun anda sudah yakin sembuh adalah karena pola hidup sehat yang di langgar serta mengabikan faktor kebersihan lingkungan dan diri sendiri.

Lingkungan yang kotor menjadi sarang bagi kuman penyakit tipes, untuk itu perlu di perhatikan kebersihan.

Tanda-tanda anda sudah sembuh dari sakit tipes seperti:

– Tes darah menujukan hasi negatif

– Tidak mengalami pusing

– Demam sudah hilang / turun

– Tidak diare / Sembelit

– Tubuh terasa fit

– Nafsu makan kembali.

Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih jelas lagi ada baiknya anda memeriksakan kembali pada dokter yuang memberikan pengobatan sebelumnya.

Kemungkinan dokter akan melakukan tes darah kembali, jika anda di ketahui masih memliki infeksi maka kemungkinan anda akan mendapatkan pengobatan ulang kembali.