skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Ternyata Penyakit Tifus Disebabkan Virus Ini!

Ternyata Penyakit Tifus Disebabkan Virus Ini!

Virus salmonella salah-satu penyebab penyakit tipes,- Salmonella adalah suatu genus bakteri enterobakteria gram-negatif berbentuk tongkat yang menyebabkan tifoid, paratifoid, dan penyakit foodbome.

Spesies-spesies Salmonella dapat bergerak bebas dan menghasilkan hidrogen sulfida. Salmonella dinamai dari Daniel Edward Salmon, ahli patologi Amerika, walaupun sebenarnya, rekannya Theobald Smith (yang terkenal akan hasilnya pada anafilaksis) yang pertama kali menemukan bakterium tahun 1885 pada tubuh babi.

Ciri Ciri Gejala Penyakit Tipes

  1. Demam tinggi

Gejala penyakit tipes diindikasikan dengan demam tinggi mirip demam berdarah . Terutama pada malam dan sore hari selama 7 hingga 10 hari semakin bertambah hari demam semakin tinggi bahkan mencapai 400C, biasanya pagi sudah merasa pulih akan tetapi ketika sore menjelang akan kambuh lagi.

  1. Nafsu makan menurun

Hal ini dikarenakan infeksi virus penyebab penyakit tipes pada usus yang menyebabkan seseorang merasakan hal yang kurang nyaman, selain itu gejala penyerta seperti demam dan pusing juga membuat orang dengan penyakit tipes merasa lemah sehingga tidak memiliki gairah untuk makan.

  1. Anemia

Anemia pada orang dengan penyakit tipes ini diakibatan perdarahan pada usus yang disebabkan oleh salmonella thypi penyebab penyakit tipes.

  1. Mual, sakit perut, dan muntah disertai sakit pada perut sebelah kiri

Gejala pada penyakit tipes ini sangat berbeda dengan orang dengan penyakit maag, karena gejala penyakit magh pada ulu hati dan perut sebelah kanan atas.

  1. Perubahan pola buang air besar secara bergantian

Gejala penyakit tipes ini terjadi bisa diare saja bahkan tidak BAB sama sekali, bakteri ini menyerang usus besar, sehingga proses penyerapan air kurang maksimal sehingga menyebabkan diare, akan tetapi beberapa kasus yang terjadi justru pasien dengan penyakit tipes mengalami sembelit.

  1. Denyut nadi lemah dan lambat

Gejala penyakit tipes ini timbul akibat toksin yang ditimbulkan salmonella thypi, seperti yang dijelaskan diatas bahwa saat salmonella thypi masuk kedalam tubuh maka sang bakteri akan mengikuti aliran darah menuju organ tubuh lain.

  1. Lidah berwarna putih dan kotor

Gejala lidah yang berwarna putih dan kotor pada penyakit tipes ini mengalami lidah warna putih pada bagian tepi berwarna merah dan tampak tremor saat dijulurkan. Penderita penyakit tipes biasanya merasakan pahit pada mulut sehingga ingin memakan sesuatu yang asam atau manis.

  1. Pusing

Pusing pada orang dengan penyakit tipes ini diakibatkan infeksi salmonella thypi yang menyerang tubuh dan syaraf sehingga berefek pusing.

  1. Berat badan menurun

Berat badan menurun pada orang dengan penyakit tipes ini diakibatkan infeksi usus sehingga mengganggu proses penyerapan air dan nutrisi yang terdapat pada usus, sehingga nutrisi untuk asupan tubuh juga berkurang.

  1. Cepat lelah

Akibat nutrisi yang kurang terserap tubuh akibat infeksi bakteri penyakit tipes, dan penurunan nafsu makan, sehingga tubuh tidak mendapat nutrisi yang dibutuhkan, sehingga tubuh cepat merasa lelah akibat kurang asupan energy.

  1. Warna kecoklatan pada urine

Warna kecoklatan pada urine orang dengan penderita penyakit tipes ini diakibatkan bakteri bertempur melawan zat imun tubuh dan kalah kemudian ikut terbuang bersama urine.

  1. Penurunan leukosit sel darah putih

Penurunan leukosit pada orang dengan penyakit tipes akibat sel darah putih banyak yang bertarung melawan infeksi bakteri pada tubuh.

Penyebab Penyakit Tipes

Setelah menelan makanan atau air yang terkontaminasi bakteri salmonella, bakteri tersebut akan menyerang usus kecil dan masuk ke aliran darah. Bakteri yang dibawa oleh sel darah putih dalam sumsum hati, limpa, dan tulang, di mana mereka berkembang biak dan masuk kembali aliran darah.

Bakteri menyerang kandung empedu, sistem empedu, dan jaringan limfatik usus. Di sini, mereka berkembang biak dalam jumlah yang tinggi. Bakteri masuk ke dalam saluran usus dan dapat diidentifikasi dalam sampel tinja. Jika hasil tes tidak jelas, sampel darah akan diambil untuk mendiagnosis.

Cara Mencegah Tipes

Adapun cara mencegah penyakit tifus secara sederhana adalah dimulai dengan memperhatikan lingkungan sekitar dan kesehatan tubuh kita, sebagai upaya mengatasi penyakit. Berikut tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh:

  • Menghindari mengkonsumsi jajanan di pinggir jalan serta jika mengkonsumsi telur sebaiknya telur yang benar-benar matang.
  • Sebaiknya melakukan imunisasi tipes untuk, meningkatkan daya tahan tubuh anda terhadap penyakit tipes.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup (7-8 jam/sehari), olahraga teratur 3-4 kali dalam seminggu selama 1 jam untuk mencegah
  • Jika anda pernah mengalami penyakit ini sebaiknya jangan melakukan pekerjaan yang sangat melelahkan sebab akan mudah kambuh jika dibandingkan dengan orang yang belum pernah terkena penyakit tipes.
  • Hindari makanan yang tidak higienis.
  • Mencuci tangan sebelum makan.